Selasa, 12 Juli 2022

Komputer grafik : Chapter 09 - Computer Alded Design

 

Komputer grafik : Chapter 09 - Computer Alded Design


 Pertanyaan : 

Sebutkan dan jelaskan Computer Alded Design ?


Computer Aided Design adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi dan gambar 3 dimensi.

Pada jaman modern seperti sekarang semua perkerjaan dibantu oleh sebuah perangkat lunak atau yang sering kita sebut software, berbagai macam software yang ada, terbagi menjadi beberapa segmen yang diperuntukan untuk berbagai macam jenis perkerjaan. Salah satu software yang ada hingga sekarang yaitu Computer Aided Design (CAD) yang secara garis besar software ini membantu kita untuk memvisualisasikan, meberi detail, mengoptimumkan dan merealisasikan dari desain yang kita buat. Untuk beberapa orang nama CAD mungkin terdengar asing, tapi apabila kita menyebutnya sebagai 3D software maka akan terdengar sangat lekat dengan masyarakat yang bergerak dalam bidan arsitektur, desain bahkan hingga dunia engineering.
Kembali pada tahun 1962 seorang scientist computer bernama Ivan Sutherland membuat CAD untuk pertama kali yang bernama “SketchPad”, yang pada awalnya CAD tersebut dibuat agar pengguna dapat menggambar pada layar yang tersedia dengan menggunakan sebuah pensil khusus, yang selanjutnya dapat di proses pada komputer dan proses ini menjadi permulaan CAD hingga sekarang. Meskipun pada awalnya “SketchPad” ini hanya sebuah area kerja bukan sebuah software akan tetapi memacu pada scientist computer lainnya untuk berinovasi lebih lanjut mengenai kepraktisan dalam pembuatan CAD.

Telah ada berbagai macam CAD pada saat ini yang di peruntukan untuk jenis pekerjaan yang berbeda beda akan tetapi tetap mengunakan computersebagi tempat kerja. Beberapa contoh jenis pekerjaan yang menggunakan CAD dan softwarenya.

• Arsitektur dan desain interior biasanya menggunakan software seperti ArchiCAD, Revit, Sketchup, dll, dikarenakan dalam pengerjaannya terdapat banyak element objek didalamnya, seperti dalam pembuatan sebuah rumah, di dalamnya terdapat objek seperti interior rumah tersebut, furniture, tanaman, pintu, jendela, dll.

• Desain produk menggunakan software seperti Fusion 360, Rhinoceros atau Solidwork. Pada bidang ini biasanya memfokuskan bukan hanya untuk memvisualisasikan sebuah object akan tetapi dapat juga agar untuk dimengerti bagaimana sebuah object itu berfungsi sebagaimana aslinya.

• Engineering mempunyai banyak sekali alternati untuk mengerjakan objeknya, akan tetapi pada bidang ini memfokuskan agar model yang dibuat dapat mencakup bidang infrastruktur, bangunan, jaringan telekomunikasi, thermodinamis, mekanisme kerja dari sebuah part, peralatan Kesehatan hingga manufacturing,

Apabila kita lihat dari berbagai jenis perkerjaan yang dapat diklakukan oleh CAD, sebenarnya kita bisa menggunakan software CAD secara bersamaan, tidak terpaku oleh satu software, karena perkembangan CAD sekarang menjadi sebuah software yang dapat multifungsi dari jenis perkerjaannya, perintah dalam software tersebut, hingga output yang dihasilkannya. Maka dari itu janganlah kita terpaku pada satu software saja, karna hingga saat ini belum ada software yang sempurna dalam pengerjaannya, maka kita lebih baik menggunakan software lain untuk melengkapinya.

Dikarenakan CAD pada sekarang merupakan sebuah software yang berada dalam sebuah komputer, maka ada beberapa element yang perlu diperhatikan dalam komputer itu sendiri, terutama pada bagian hardware komputer. Element yang perlu kita perhatikan yaitu:

1. Processor, merupakain bagian penting, apabila di ibaratkan processor merupakan bagaian otak dari sebuah computer. Pada sebuah processor terdapat beberapa bagian otak lainnya yang dinamakan “core”, semakin banyak core yang terdapat pada sebuah processor maka akan semakin cepat pula komputer berkerja, hal ini mengakibatkan apabila kita berkerja dengan banyak objek pada sebuah CAD maka computer tidak akan terbebani dan pekerjaan tidak akan terhambat.

2. Random Access Memory (RAM), merupakan sebuah memori yang membantu sebuah processor untuk berkerja semakin cepat. Semakin besar ram yang kita gunakan akan membuat pengguna dapat berkerja secara multi-tasking, seperti dalam satu pekerjaan kita melakukan 2 hal yang berbeda yaitu rendering dan modelling, maka computer akan berkerja secara baik dan tidak berat.

3. Graphics Processing Unit (GPU) atau kita juga sering menyebutnya VGA, bagian ini sangat penting apabila kita berkerja dengan mengutamakan visual, seperti contoh dalam pengerjaan rendering, semakjn tingga VGA yang kita gunakan akan semakin ceat juga proses untuk rendering. Sayangnya untuk bagian VGA saat ini harganya yang paling mencolok dari part lainnya.

Chapter 07 Perenderan dan citra

 

komputer grafik : Chapter 07 Perenderan dan citra


Pertanyaan: Jelaskan apa itu perenderan dan citra ?




Perenderan adalah proses menghasilkan citra dari sebuah model 2 dimensi atau model 3 dimensi, melalui program komputer. Beberapa model dapat diletakkan dalam berkas adegan yang berisi objek-objek dalam sebuah bahasa pemrograman atau struktur data. Berkas adegan tersebut terdiri atas geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan informasi bayangan yang menggambarkan lingkungan virtual. Data di dalam berkas adegan tersebut kemudian diteruskan ke program perenderan untuk diproses sehingga menghasilkan citra digital.

Walaupun perincian teknis dalam metode perenderan bervariasi, tantangan umumnya dalam memproduksi sebuah gambar dua dimensi dari gambar tiga dimensi disimpan dalam sebuah berkas adegan yang sudah menjadi kerangka sebagai alur grafik sepanjang sebuah peralatan perenderan, seperti unit pemroses grafis [GPU]. Teknologi ini adalah peralatan yang dibangun dengan tujuan mempermudah unit pemroses sentral [CPU] dalam menunjukkan kalkulasi yang kompleks. Jika sebuah adegan harus terlihat relatif nyata dan terprediksi di bawah cahaya virtual, perangkat lunak perenderannya harus memecahkan persamaan perenderan. Persamaan perenderan tidak menghitung semua fenomena pencahayaan, tetapi hanya model pencahayaan umum untuk gambar komputer yang dikembangkan. Perenderan juga digunakan untuk mendeskripsikan proses dari perhitungan efek-efek dalam sebuah berkas edit video. Perenderan juga digunakan untuk mendeskripsikan proses dari efek-efek kalkulasi dalam sebuah berkas edit video untuk memproduksi video keluaran akhir. 

Perenderan dapat juga diartikan sebagai penyempurnaan gambar

Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Citra (Bahasa Inggris: image) adalah kombinasi antara titik, garis, bidang, dan warna untuk menciptakan suatu imitasi dari suatu objek–biasanya objek fisik atau manusia. Citra bisa berwujud gambar (picture) dua dimensi, seperti lukisan, foto, dan berwujud tiga dimensi, seperti patung

Komputer grafik: Chapter 05 - Geometri dan Animasi

 

Komputer grafik: Chapter 05 - Geometri dan Animasi


 Pertanyaan : Jelaskan apa itu geometri dan animasi


Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan

ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.


Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan.

Berikut Ini adalah contoh dari kegiatan Grafik Komputer :

1. Pemodelan geometris 

Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau 3D


2.Animasi

Animasi komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui penggunaan computer. Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu: Animasi 2D, dan Animasi 3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D visual adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D visual menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata. Beberapa contoh bentuk animasi 2D Misalnya :Detective Conan, Doraemon, Tintin dsb. Sedangkan contoh animasi 3 D yang pernah kita lihat Misalnya : Finding Nemo, Wall E, Ratatouille dsb. Contoh sotfware Untuk membuat 2D seperti Macromedia Flash, , Corel R.A.V.E., After Effects dsb,s edangkan animasi 3D maka dapat menggunakan Maya, 3D Studio Max dsb.

komputer grafik : chapter 03 - Graphical User Interface

 

komputer grafik : chapter 03 - Graphical User Interface


 Pertanyaan : Jelaskan apa yang dimaksud GUI ? 


Pengertian GUI (Graphical User Interface) adalah bentuk antarmuka pengguna untuk memungkinkan user dapat berinteraksi dengan perangkat elektronik. 
Pertanyaan : Jelaskan apa yang dimaksud GUI ? 


GUI merupakan salah satu jenis user interface yang digunakan untuk melakukan komunikasi antara manusia dengan perangkat seperti laptop, komputer, ponsel dan tablet.

GUI sangat berperan penting serta sangat memudahkan user untuk mengoperasikan sebuah sistem atau software aplikasi dengan navigasi yang ada. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui lebih detail tentang apa itu pengertian, fungsi, jenis, komponen, kelebihan dan kekurangan dari graphical user interface.

GUI memiliki beberapa elemen, mulai dari elemen windows, menu, icon, widget dan juga tab. Untuk menggunakan elemen ini biasanya 
GUI akan mendapatkan inputan dari perangkat masukan, baik secara manual maupun dengan teknologi touchscreen. 
Dalam perkembangannya, GUI akan terus dikembangkan untuk semakin memudahkan penggunaannya seperti misalnya pengembangan teknologi gesture dan juga teknologi remote jarak jauh sebagai salah satu cara inputan di masa depan. 

Mengapa GUI Dibutuhkan?

GUI merupakan salah satu hal yang umum dan diperlukan saat ini. Akan tetapi apakah sebuah komputer benar-benar membutuhkan GUI? Jika komputer tersebut digunakan oleh orang awam maka jawabannya adalah “Ya!”.

GUI adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyederhanakan penggunaan sebuah fungsi. Bagi kita saat ini, komputer memang terkesan sangat mudah untuk digunakan. Hal ini disebabkan karena komputer terutama untuk keperluan komersial tidak akan laku jika tidak memiliki GUI. 
Komputer pada dasarnya adalah sebuah alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Jika komputer yang Anda miliki fungsi-fungsinya harus di ketik secara manual maka setiap orang yang ingin menggunakan komputer harus belajar bahasa pemrograman dahulu bukan?

Tidak banyak orang yang memiliki waktu untuk mempelajari bahasa pemrograman. Hal inilah yang membuat penggunaan GUI menjadi lebih menarik dan wajib untuk pengguna komputer yang bisa dibilang awam. 

komputer grafik : chapter 01 - Perkembangan komputer grafik

 

komputer grafik : chapter 01 - Perkembangan komputer grafik


 Pertanyaan : Jelaskan perkembangan komputer grafik ? 




Grafika komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, menciptakan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari grafika komputer meliputi:

1. Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar

 Sejarah Grafika Komputer

Grafika sejarah dimulai sejak dahulu ketika bangsa mesir, roma dan yunani berkomunikasi secara grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik. Leonardo da Vinci sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D dengan pandangan isometrik.

Perkembangan grafika komputer dapat dibagi menjadi 4 fase, yaitu:

1. Fase Pertama, tahun 50an Merupakan
Yaitu era grafika komputer interaktif. Pada awalnya perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat. Komputer grafik interaktif yang diteliti oleh general motor pada tahun 1959.

2. Fase Kedua, dekade 60an
Merupakan zaman penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.

3. Fase Ketiga pada dekade 70an
Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai menyadari pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas produk secara cepat dan mudah.

4. Fase keempat, dekade 80an
Pada masa grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.

“Grafik komputer” atau Grafika komputer (Computer graphics) adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini.
Kemudian grafik komputer mengalami perkembanagn yang lebih dari teknologi 2D menjadi grafik komputer 3D yang canggih. Cabang ilmu komputer ini emmiliki dua cabang lahi, yaitu definisi citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari disiplin ilmu grafik komputer meliputi:
• Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan cahaya
• Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Pada perkembangan saat ini, pemanfaatan teknologi grafika komputer
sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek-objek dunia nyata menjadi
objek grafis, dan implementasi yang nyata yaitu penggunaan teknologi grafika
komputer pada fraktal untuk pembuatan aplikasi desain suatu benda.
”Toy Story” (1995), merupakan film pertama yang diproduksi oleh The Walt Disney Company secara penuh menggunakan teknologi komputer dan ilmu Grafik Komputer. Sejak saat itu, studio animasi digital lain untuk membuat film serupa. di antaranya Blue Sky Studios (Fox), DNA Productions (Paramount Pictures dan Warner Bros.), Onation Studios (Paramount Pictures), Sony Pictures Animation (Columbia Pictures) dan DreamWorks.
Kunci pembuatan film-film ini adalah sebuah aplikasi komputer grafis yang disebut computer generate imagery (CGI). Dengan perangkat lunak ini bisa dibuat gambar 3D lengkap dengan berbagai efek yang bagus. Beberapa software CGI yang populer antara lain Art of Illusion (bisa di-download di sourceforce.net ), Maya, Blender, dan lain-lain.
Salah satu efek CGI dalam film yang kurang dikenal, namun penting, adalah digital grading. Dengan efek ini warna asli hasil shooting merevisi menggunakan perangkat lunak untuk memberikan kesan sesuai dengan skenario. Contohnya wajah Sean Bean (pemeran Boromir) dalam ”The Lord of the Rings: the Two Tower” ketika dibuat lebih pucat. Jadi, tidak dengan trik kosmetik, tetapi dengan polesan komputer.
Lantas, bagaimana dengan mimik wajah yang bisa mengekspresikan perasaan, sedih, ataupun gembira pada ciptaan ciptaan komputer? Dalam pembuatannya, animasi komputer mengkombinasikan vektor grafik dengan pergerakan yang sudah terprogram. Bagian-bagian utama seperti pada wajah, tangan, kaki, dll terdiri dari sejumlah variabel animasi yang akan dikendalikan dengan mempersembahkan nilai tertentu untuk menampilkan ekspresi atau mimik wajah yang ditampilkan

Praktikum komputer grafis

 

Praktikum komputer grafis


Materi Pembelajaran: CHAPTER V-Praktikum Menguasai Teknik Dasar 0-4 Dimensi 



Pengertian dimensi adalah ukuran yang meliputi : panjang, luas, tinggi, lebar, dan sebagainya. dimensi adalah tempat kosong yang berbentuk dari kumpulan ttik-titik yang dijajarkan secara bertingkat. titik adalah dimensi ke-0 artinya titik tidak punya dimensi. karena tidak punya dimensi maka objek yang ada didalamnya bersifat DIAM MUTLAK.

Ada beberapa jenis-jenis dimensi
Dimensi Satu Dimensi satu merupakan dimensi yang hanya memiliki satu unsur dimensi saja yaitu panjang. Benda-benda dimensi satu dapat bergerak bebas ke arah kanan dan ke arah kiri. Contoh benda dimensi satu adalah garis.

Dimensi Dua Pengertian dimensi dua adalah dimensi yang memiliki dua unsur dimensi yaitu unsur panjang dan unsur lebar. Benda-benda dimensi dua dapat bergerak bebas ke arah kanan, kiri, atas, dan juga bawah. Benda-benda dimensi dua sering juga disebut dengan istilah bangun datar. Ciri utama benda-benda dimensi dua adalah memiliki luas dan keliling. Beberapa contoh benda dimensi dua yaitu segitiga, persegi panjang, persegi, dll.

Dimensi Tiga Dimensi tiga merupakan dimensi yang memiliki tiga unsur dimensi yaitu panjang, lebar, dan juga tinggi. Benda-benda dimensi tiga dapat bergerak bebas ke arah kanan, kiri, atas, bawah, depan, dan belakang. Benda-benda dimensi tiga sering juga disebut dengan istilah bangun ruang. Salah satu ciri utama benda dimensi tiga adalah dapat diisi dengan benda – benda tertentu atau dengan kata lain memiliki volume. Beberapa contoh benda dimensi tiga yaitu balok, kubus, tabung, kerucut, rumah, mobil, hewan, manusia, dll.

Dimensi Empat Meskipun masih diperdebatkan, sebagian ahli menyatakan bahwa dimensi sangat terkait dengan masalah waktu. Sehingga, dimensi empat dapat diartikan sebagai dimensi tiga yang dilengkapi dengan dimensi waktu.