komputer grafik : chapter 01 - Perkembangan komputer grafik


 

komputer grafik : chapter 01 - Perkembangan komputer grafik


 Pertanyaan : Jelaskan perkembangan komputer grafik ? 




Grafika komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, menciptakan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari grafika komputer meliputi:

1. Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
3. Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
4. Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar

 Sejarah Grafika Komputer

Grafika sejarah dimulai sejak dahulu ketika bangsa mesir, roma dan yunani berkomunikasi secara grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik. Leonardo da Vinci sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D dengan pandangan isometrik.

Perkembangan grafika komputer dapat dibagi menjadi 4 fase, yaitu:

1. Fase Pertama, tahun 50an Merupakan
Yaitu era grafika komputer interaktif. Pada awalnya perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat. Komputer grafik interaktif yang diteliti oleh general motor pada tahun 1959.

2. Fase Kedua, dekade 60an
Merupakan zaman penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika interaktifmoderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.

3. Fase Ketiga pada dekade 70an
Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai menyadari pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas produk secara cepat dan mudah.

4. Fase keempat, dekade 80an
Pada masa grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.

“Grafik komputer” atau Grafika komputer (Computer graphics) adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini.
Kemudian grafik komputer mengalami perkembanagn yang lebih dari teknologi 2D menjadi grafik komputer 3D yang canggih. Cabang ilmu komputer ini emmiliki dua cabang lahi, yaitu definisi citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari disiplin ilmu grafik komputer meliputi:
• Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan cahaya
• Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Pada perkembangan saat ini, pemanfaatan teknologi grafika komputer
sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek-objek dunia nyata menjadi
objek grafis, dan implementasi yang nyata yaitu penggunaan teknologi grafika
komputer pada fraktal untuk pembuatan aplikasi desain suatu benda.
”Toy Story” (1995), merupakan film pertama yang diproduksi oleh The Walt Disney Company secara penuh menggunakan teknologi komputer dan ilmu Grafik Komputer. Sejak saat itu, studio animasi digital lain untuk membuat film serupa. di antaranya Blue Sky Studios (Fox), DNA Productions (Paramount Pictures dan Warner Bros.), Onation Studios (Paramount Pictures), Sony Pictures Animation (Columbia Pictures) dan DreamWorks.
Kunci pembuatan film-film ini adalah sebuah aplikasi komputer grafis yang disebut computer generate imagery (CGI). Dengan perangkat lunak ini bisa dibuat gambar 3D lengkap dengan berbagai efek yang bagus. Beberapa software CGI yang populer antara lain Art of Illusion (bisa di-download di sourceforce.net ), Maya, Blender, dan lain-lain.
Salah satu efek CGI dalam film yang kurang dikenal, namun penting, adalah digital grading. Dengan efek ini warna asli hasil shooting merevisi menggunakan perangkat lunak untuk memberikan kesan sesuai dengan skenario. Contohnya wajah Sean Bean (pemeran Boromir) dalam ”The Lord of the Rings: the Two Tower” ketika dibuat lebih pucat. Jadi, tidak dengan trik kosmetik, tetapi dengan polesan komputer.
Lantas, bagaimana dengan mimik wajah yang bisa mengekspresikan perasaan, sedih, ataupun gembira pada ciptaan ciptaan komputer? Dalam pembuatannya, animasi komputer mengkombinasikan vektor grafik dengan pergerakan yang sudah terprogram. Bagian-bagian utama seperti pada wajah, tangan, kaki, dll terdiri dari sejumlah variabel animasi yang akan dikendalikan dengan mempersembahkan nilai tertentu untuk menampilkan ekspresi atau mimik wajah yang ditampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar